Jumat, 10 Agustus 2012

LAYANAN VoIP SERVER pada UBUNTU 11.10




I.      TUJUAN
            1. Mahasiswa dapat mengetahui cara pembuatan VoIP server
            2. Mahasiswa dapat melakukan panggilan menggunakan IP PC melalui VoIP server yang                                  telah

II.    DASAR TEORI
    Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
·        H.323
·        Media Gateway Control Protocol (MGCP)
·        Session Initiation Protocol (SIP)
·        Real-time Transport Protocol (RTP)
·        Session Description Protocol (SDP)
·        Inter-Asterisk eXchange (IAX)


Keuntungan VoIP
·        Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
§  Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
§  Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
§  Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
§  Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
§  Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.

Kelemahan dari VoIP

·       Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
·       Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
·       Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
·       Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
·       Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
·       Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
·       Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
·       Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
·       Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

    Asterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).

III.  LANGKAH PERCOBAAN

            1. Install paket asterisk melalui repo pada server PCR.
                         #apt-get install asterisk
            2. Masuk ke directory asterisk dengan menggunakan perintah :
                        #cd /etc/asterisk/
            3.Lakukan konfigurasi dengan perintah sip.conf
                        #nano sip.conf

Pada konfigurasi diatas, edit file dengan text editor kemudian tambahkan account berikut :
;add by rizka
[241]
type=friend
context=rizka
username=241
secret=241
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[242]
type=friend
context=rizka
username=242
secret=242
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[243]
type=friend
context=rizka
username=243
secret=243
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[244]
type=friend
context=rizka
username=244
secret=244
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[245]
type=friend
context=rizka
username=245
secret=245
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[246]
type=friend
context=rizka
username=246
secret=246
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all


[247]
type=friend
context=rizka
username=247
secret=247
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[248]
type=friend
context=rizka
username=248
secret=248
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[249]
type=friend
context=rizka
username=249
secret=249
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

Perintah diatas dapat ditambahkan sesuai keinginan server, seberapa banyak client yang akan ditampung server.

     4. Lakukan konfigurasi untuk extension.conf
            #nano extension.conf

Ketikkan baris berikut di bagian akhir file:

; add by rizka
[rizka]
exten => 240,1,Playback(demo-echotest)
exten => 240,2,Echo
exten => 240,3,Playback(demo-echodone)

exten => 241,1,Dial(SIP/241,20)
exten => 241,2,Hangup()

exten => 242,1,Dial(SIP/242,20)
exten => 242,2,Hangup()

exten => 243,1,Dial(SIP/243,20)
exten => 243,2,Hangup()

exten => 244,1,Dial(SIP/244,20)
exten => 244,2,Hangup()

exten => 245,1,Dial(SIP/245,20)
exten => 245,2,Hangup()

exten => 246,1,Dial(SIP/246,20)
exten => 246,2,Hangup()

exten => 247,1,Dial(SIP/247,20)
exten => 247,2,Hangup()

exten => 248,1,Dial(SIP/248,20)
exten => 248,2,Hangup()

exten => 249,1,Dial(SIP/249,20)
exten => 249,2,Hangup()

      5.   Restart Asterisk
             #asterisk -rx “reload”         

6.   Lakukan pengetesan dengan menggunakan X-Lite,atau software lain yang mendukung untuk VoIP. Lakukan registrasi awal untuk register IP dan nomor client pada SIP nya. Lakukan panggilan ke echo dengan nomor client 240, untuk memastikan terkoneksi ke server.
7.   Jika terhubung, maka client dapat terhubung dengan client lain yang terhubung ke server tersebut.
8.   Praktikum selesai.

IV.  HASIL PRAKTIKUM
      Pengaturan dibawah ini merupakan hasil dari register client pada X-lite. Username 241 merupakan nomor registrasi client, dan passwordnya juga 241 sesuai dengan yang terdaftar pada asterisk. Isikan IP address server pada kolom Domain (172.16.30.45).

            Setelah itu, client 241 ini akan melakukan panggilan ke client yang juga telah terdaftar ke server ( 242 ), bisa dilihat bahwa panggilan dapat dilakukan dengan baik. Panggilan ini juga dapat dilakukan ke client lain, tentu nya dengan syarat sudah terdaftar server “rizka”. Client yang terdaftar untuk server ini adalah client 240 -  client 249. Client 240 juga merupakan echoback yang mana client ini dapat menerima suara yang kita kirim.




                                               
                                   


0 komentar:

Posting Komentar