I. TUJUAN
1.
Mahasiswa dapat mengetahui cara pembuatan VoIP server
2. Mahasiswa dapat melakukan
panggilan menggunakan IP PC melalui VoIP server yang telah
II. DASAR TEORI
Voice
over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony,
Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang
memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.
Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan
paket-paket data,
dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui
protokol internet (IP).
Voice over IP telah
diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar
serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk
mengimplementasikan VoIP meliputi:
·
H.323
·
Media Gateway Control Protocol (MGCP)
·
Session Initiation Protocol (SIP)
·
Real-time Transport Protocol (RTP)
·
Session Description Protocol (SDP)
·
Inter-Asterisk eXchange (IAX)
Keuntungan
VoIP
·
Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung
jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang
terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
§ Memanfaatkan
infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan
sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun
jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk
penambahan komunikasi suara.
§ Penggunaan
bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi
penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik
pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
§ Memungkinkan
digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway
bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi
antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
§ Berbagai
bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di
Indonesia adalah VoIP Rakyat.
§ Variasi
penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone
handset.
Kelemahan dari VoIP
·
Kualitas suara tidak
sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka
akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional.
Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar /
broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih
jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
·
Ada jeda dalam
berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat
adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan
koneksi Broadband (lihat di poin atas).
·
Regulasi dari pemerintah RI
membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
·
Jika belum terhubung secara
24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
·
Jika memakai internet dan
komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan
konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
·
Tidak pernah ada jaminan
kualitas jika VoIP melewati internet.
·
Peralatan relatif mahal.
Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony
gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini
maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
·
Berpotensi menyebabkan
jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi
jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan
bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat
pemakaian VoIP.
·
Penggabungan jaringan tanpa
dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Asterisk adalah software IP PBX untuk
membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut
VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang
berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon
regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).
III. LANGKAH PERCOBAAN
1.
Install paket asterisk melalui repo pada server PCR.
#apt-get
install asterisk
2.
Masuk ke directory asterisk dengan menggunakan perintah :
#cd
/etc/asterisk/
3.Lakukan
konfigurasi dengan perintah sip.conf
#nano
sip.conf
Pada konfigurasi
diatas, edit file dengan text editor kemudian tambahkan account berikut :
;add by rizka
[241]
type=friend
context=rizka
username=241
secret=241
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[242]
type=friend
context=rizka
username=242
secret=242
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[243]
type=friend
context=rizka
username=243
secret=243
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[244]
type=friend
context=rizka
username=244
secret=244
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[245]
type=friend
context=rizka
username=245
secret=245
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[246]
type=friend
context=rizka
username=246
secret=246
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[247]
type=friend
context=rizka
username=247
secret=247
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[248]
type=friend
context=rizka
username=248
secret=248
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[249]
type=friend
context=rizka
username=249
secret=249
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
Perintah diatas dapat ditambahkan sesuai keinginan server, seberapa
banyak client yang akan ditampung server.
4. Lakukan konfigurasi untuk
extension.conf
#nano
extension.conf
Ketikkan baris berikut di bagian akhir file:
; add by rizka
[rizka]
exten => 240,1,Playback(demo-echotest)
exten => 240,2,Echo
exten => 240,3,Playback(demo-echodone)
exten => 241,1,Dial(SIP/241,20)
exten => 241,2,Hangup()
exten => 242,1,Dial(SIP/242,20)
exten => 242,2,Hangup()
exten => 243,1,Dial(SIP/243,20)
exten => 243,2,Hangup()
exten => 244,1,Dial(SIP/244,20)
exten => 244,2,Hangup()
exten => 245,1,Dial(SIP/245,20)
exten => 245,2,Hangup()
exten => 246,1,Dial(SIP/246,20)
exten => 246,2,Hangup()
exten => 247,1,Dial(SIP/247,20)
exten => 247,2,Hangup()
exten => 248,1,Dial(SIP/248,20)
exten => 248,2,Hangup()
exten => 249,1,Dial(SIP/249,20)
exten => 249,2,Hangup()
5.
Restart Asterisk
#asterisk
-rx “reload”
6.
Lakukan pengetesan dengan menggunakan
X-Lite,atau software lain yang mendukung untuk VoIP. Lakukan registrasi awal untuk
register IP dan nomor client pada SIP nya. Lakukan panggilan ke echo dengan
nomor client 240, untuk
memastikan terkoneksi ke server.
7. Jika terhubung, maka client dapat terhubung dengan client lain yang terhubung ke server tersebut.
8. Praktikum selesai.
IV. HASIL PRAKTIKUM
Pengaturan
dibawah ini merupakan hasil dari register client pada X-lite. Username 241
merupakan nomor registrasi client, dan passwordnya juga 241 sesuai dengan yang
terdaftar pada asterisk. Isikan IP address server pada kolom Domain
(172.16.30.45).
Setelah itu, client 241 ini akan melakukan
panggilan ke client yang juga telah terdaftar ke server ( 242 ), bisa dilihat
bahwa panggilan dapat dilakukan dengan baik. Panggilan ini juga dapat dilakukan
ke client lain, tentu nya dengan syarat sudah terdaftar server “rizka”. Client
yang terdaftar untuk server ini adalah client 240 - client 249. Client 240 juga merupakan
echoback yang mana client ini dapat menerima suara yang kita kirim.
0 komentar:
Posting Komentar