- TUJUAN
1.
Mahasiswa dapat mengetahui cara pembuatan VoIP server
2. Mahasiswa dapat
melakukan panggilan menggunakan IP PC melalui VoIP server yang telah dibuat.
- DASAR TEORI
Voice over Internet Protocol (juga
disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital
Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh
melalui media internet.
Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan
paket-paket data,
dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim
melalui protokol internet (IP).
Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan
menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol
jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
·
H.323
·
Media Gateway Control Protocol (MGCP)
·
Session Initiation Protocol (SIP)
·
Real-time Transport Protocol (RTP)
·
Session Description Protocol (SDP)
·
Inter-Asterisk eXchange (IAX)
Protokol H.323 adalah salah satu dari Protokol VoIP yang penerapannya
ditemukan secara luas untuk lalulintas jarak jauh, seperti layanan Jaringan
Area Lokal (LAN). Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks
seperti MGCP dan SIP, H.323 penyebaran semakin terbatas untuk membawa jarak
jauh yang ada lalu lintas jaringan. Secara khusus, Session Initiation Protocol
(SIP) telah mendapatkan penetrasi pasar luas VoIP.
Sebuah implementasi milik penting adalah protokol Skype, yang sebagian
didasarkan pada prinsip-prinsip peer-to-peer (P2P) jaringan.
1. Keuntungan VoIP
- Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
- Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
- Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
- Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
- Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
- Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
- Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
- Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
- Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
- Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
- Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
- Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
2.
Kelemahan dari VoIP
- Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
- Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
- Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
- Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
- Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
- Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
- Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
- Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
- Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
- Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
- Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
- Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
- Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
- Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
- Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
- Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
- Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
- Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Asterisk adalah software IP PBX untuk
membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut
VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang
berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon
regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).
- LANGKAH PERCOBAAN
1. Install paket asterisk melalui
repo pada server PCR.
#apt-get
install asterisk
2. Lakukan konfigurasi sip.conf
#nano
/etc/asterisk/sip.conf
3.
Masukkan perintah berikut dibagian bawah command yang muncul
;add by rizka
[241]
type=friend
context=rizka
username=241
secret=241
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[242]
type=friend
context=rizka
username=242
secret=242
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[243]
type=friend
context=rizka
username=243
secret=243
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[244]
type=friend
context=rizka
username=244
secret=244
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[245]
type=friend
context=rizka
username=245
secret=245
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[246]
type=friend
context=rizka
username=246
secret=246
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[247]
type=friend
context=rizka
username=247
secret=247
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[248]
type=friend
context=rizka
username=248
secret=248
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
[249]
type=friend
context=rizka
username=249
secret=249
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all
perintah diatas dapat ditambahakan
sesuai keinginan server, seberapa banyak client yang akan diatampung server.
5. Lakukan konfigurasi untuk
extension.conf
#nano
/etc/asterisk/extension.conf
- Ketikkan baris berikut di bagian akhir file:
; add by rizka
[rizka]
exten =>
240,1,Playback(demo-echotest)
exten => 240,2,Echo
exten =>
240,3,Playback(demo-echodone)
exten => 241,1,Dial(SIP/241,20)
exten => 241,2,Hangup
exten => 242,1,Dial(SIP/242,20)
exten => 242,2,Hangup
exten => 243,1,Dial(SIP/243,20)
exten => 243,2,Hangup
exten => 244,1,Dial(SIP/244,20)
exten => 244,2,Hangup
exten => 245,1,Dial(SIP/245,20)
exten => 245,2,Hangup
exten => 246,1,Dial(SIP/246,20)
exten => 246,2,Hangup
exten => 247,1,Dial(SIP/247,20)
exten => 247,2,Hangup
exten => 248,1,Dial(SIP/248,20)
exten => 248,2,Hangup
exten => 249,1,Dial(SIP/249,20)
exten => 249,2,Hangup
4.
Restart Asterisk
#asterisk
-rx “reload”
- Lakukan pengetesan dengan menggunakan X-Lite,atau software lain yang mendukung untuk VoIP. Lakukan registrasi awal untuk register IP dan nomor client pada SIP nya. Lakukan panggilan ke echo ( 241 atau 242), untuk memastikan terkoneksi ke server.
- Jika terhubung, maka client dapat terhubung dengan client lain yang terhubung ke server tersebut
- Praktikum selesai.
- HASIL PRAKTIKUM
Berikut merupakan hasil dari
register client pada X-lite. Username 241 merupakan nomor registrasi
client, dan passwordnya juga 241 sesuai dengan yang terdaftar pada asterisk.
Isikan IP address server pada kolom Domain
(172.16.30.12).
Setelah itu, client 242 yang telah terdaftar melakukan panggilan ke echo ( 241 ), bisa dilihat bahwa
panggilan dapat dilakukan dengan baik. Panggilan ini juga dapat dilakukan ke client lain yang sudah harus terdaftar
juga pada server. Client yang
terdaftar untuk server ini adalah (240 -249).
1 komentar:
bisa bantu saya untuk develop hal tsb? terima kasih , kalo bisa email ke saya nicoaudy1994@gmail.com. terima kasih
Posting Komentar